Jumat, 10 Juni 2016

Ondel-ondel

Ondel-ondel adalah ikon khas kota Jakarta. Ondel-ondel sering hadir pada acara istimewa seperti pesta perkawinan, khitanan, peresmian gedung baru dan juga pesta budaya khas Betawi, budaya asli orang Jakarta.


Asal usul ondel-ondel tidak jelas, tapi ada pedagang asing yang menulis tentang arak-arakan 'boneka besar' pada abad ke-17. Dulu orang percaya, ondel-ondel bisa menjadi penolak bahaya. Itu sebabnya ada arak-arakan ondel-ondel berkeliling desa. Sekarang, ondel-ondel hadir untuk memeriahkan berbagai acara dan festival.

Boneka raksasa setinggi dua setengah meter ini biasa hadir sepasang, laki-laki dan perempuan. Mereka terbuat dari kerangka bambu dan bahan kertas, bermuka topeng dan rambutnya dari kertas berwarna-warni. Mereka digerakkan oleh penari di dalamnya. Biasanya mereka menari diiringi musik khas Betawi yaitu orkes tanjidor atau rebana.

Ondel-ondel begitu populer, ada lagu rakyat tentangnya. Ini tautan ke lagu Ondel-Ondel.

Tanggal 22 Juni adalah hari ulang tahun kota Jakarta. Sebulan penuh akan ada pesta rakyat di berbagai daerah di Jakarta. Pastinya ondel-ondel akan hadir di sana.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Indonesia